Agenda Angkasa Raya

tarsiusKEmarin malam dalam perjalanan pulang dari velbak, sambil nyupir saya sesekali menengok ke langit. Di radio, penyiarnya heboh mendeskripsikan luarbiasanya fenomena alam saat itu. Gerhana bulan. Sepanjang umur, saya memang sudah beberapa kali ‘bertemu’ dengan gerhana ini. Gerhana matahari paling mengasyikkan. Pasalnya, saya merasakan perubahan dari terang – gelap – terang lagi. Nah, kalao gerhana bulan? Makanya saat itu saya berusaha menengok langit, manaa ya bulannya? AKhirnya saya meminggirkan mobil, kemudian keluar, dan bergabung dengan orang-orang yang berkumpul dan mengamati sesuatu di atas. BEnar dugaan saya, mereka sedang mengamati fenomena alam itu. Bulannya secara pelan tertutup. Menakjubkan memang menjadi saksi saat bulan tertutup bayangan bumi.

Sambil melanjutkan perjalanan, saya agak berpikir sedikit. Angkasa raya ini rupanya padat juga agendanya akhir-akhir ini. Tak lebih sebulan, sudah ada tiga kejadian besar (ini hanya yang terekam dari pantauan saya saja). PErtama hujan meteor, terus Mars yang mendekati bumi, lalu kemarin malam itu gerhana bulan. Pagi tadi saya baca di koran, konon bumi sedang terancam benturan dengan asteroid berdiameter 1/4 mil. Weehh…

tarsiusBanyak teori tentang benturan itu. Ada yang menyebutkan kemungkinan tabrakan nihil sampai ancaman tabrakan yang bisa menyebabkan bencana alam iklim global. Nah… Saya sih berharap tak terjadi lah. Jangan sampai kejadian seperti 65 juta tahun lalu terulang lagi. Konon saat itu asteroid berdiameter 9,65 kilometer menabrak bumi di Teluk Meksiko. Tabrakan itu dianggap sebagai penyebab punahnya dinosaurus. (Koran Tempo, Rabu 29 Agustus 2007).

Yahh, kalau tabrakannya di lokasi yang tepat (seperti di tempat orang-orang yang addict korupsi dan KKN) sih gak apa-apa kali yaa… 🙂

Hmmm… btw.. hari ini panasssss banget Jakarta nih.. APa gara-gara gerhana bulan, pemanasan global, badai El Nina… atau apa yaa.. pengen nyebur ke laut jadinya. terus minum es kelapa hijau… hmmmm… Si Ammar pasti suka kalau saya kasih daging kelapa. Duhh jadi kangen nih.

1 Comment

Filed under jurnal

One response to “Agenda Angkasa Raya

  1. Itu gerhana kucing ya?

Leave a Reply

