Maaf dan Dendam

Gatal juga nih, bikin komentar soal pak Tua. Pemicunya foto Habibie dengan Bu Ainun di koran-koran. Langsung dari Jerman menggunakan Lufthansa, setelah mendarat di bandara Soekarno Hatta langsung ke RSPP, tempat Pak Tua dirawat.

Sayang, sosok ringkih ini (apalagi bu Ainun yang konon juga masih dalam perawatan dokter), hanya diterima di ruang dapur meski kemudian masuk ke ruang tunggu di lantai lima, lantai yang saat itu dikhususkan untuk perawatan pak tua dan ruang di mana anak dan kerabatnya menunggui. Tapi pasangan dari Jerman yang terkenal dengan intelektualitasnya itu hanya diterima oleh ketua tim dokter kepresidenan, Quraish Shihab, dan seorang wakil keluarga.

Untunglah, Pak Habibie memiliki pemikiran yang rasional. Katanya, orang yang dalam kondisi perawatan intensif memang tidak menenrima kunjungan. Di sisi lain, para pengamat politik yang dikutip beberapa koran mengajukan opininya. Keluarga cendana masih kecewa pada habibie. Saat menggantikan tampuk kepemimpinan ternyata tidak melindungi pak tua ini. Padahal saat itu, tekanan publik dan isu reformasi boleh jadi membuat sosok yang identik dengan urusan teknologi ini, tak punya pilihan lain. Dendam keluarga masih ada, katanya seperti disebutkan juga Koran Tempo hari ini.

Esok harinya, pejabat lain juga ditolak ditemui keluarga, diasumsikan dendam juga masih menjadi penyebabnya.

Lucu, kenapa menyimpan dendam, sementara diri sendiri ingin dimaafkan… Berapa hancur budaya busuk telah diciptakan yang membuat negeri ini semakin terpuruk saja.

Advertisements

1 Comment

Filed under jurnal

One response to “Maaf dan Dendam

  1. Kacian deh dia, udah jauh-jauh terbang tapi dicuekin. Habis gimana lagi lha kakak beradik anaknya pak tua itu kabarnya pernah tembak-tembakan segala kok. Ya, nggak heran kalo mantan karibnya dulu dicuekin (didendam).
    Btw, siapa mau ngetop ya cepat-cepat aja ikutan besuk, ntar diliput semua media.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s