Rahasia Ekor si Kucing

Sedang cari data, ternyata muncul nih tulisan tentang kucing. Sayang tak diketahui darimana sumbernya. Tapi menarik disimak, yaahh apalagi kalau mau lebih akrab dengan keluarga besar my lovely cat, Ammar.

tarsiusKonon kucing adalah binatang paling komunikatif di dunia ini. Hewan peliharaan yang disukai raja-raja jaman purbakala, termasuk Raja Firaun ini memiliki lebih dari 100 jenis suara, 10 kali lebih banyak dibanding yang dimiliki anjing. Yang menarik, mereka juga bisa berkomunikasi lewat gerakan ekornya. Penasaran, apa arti gerakan-gerakan ekornya, kan?

1. Ekor panjangnya melengkung ke bagian dalam tubuh dan pelan-pelan bergerak ke bawah dan naik kembali dalam satu gerakan, artinya ia sedang merasa santai.
2. Bila ekornya sedikit naik dan melengkung, itu artinya dia sedang tertarik pada sesuatu.
3. Ekornya agak menegang dan ujungnya melengkung, artinya si kucing sedang sangat tertarik pada sesuatu. Ia juga sedang mau berteman. Waktu yang tepat kalau mau mengajaknya bercanda.
4. Ekornya menegang dan ujungnya mengarah vertikal, tanda si kucing bersiap-siap menerima ‘tamu’ tak diundang.
5. Ekornya menurun dan ujungnya ‘terjepit’ di antara dua kakinya. Pertanda sikucing sedang kalah perang. Atau menemui hal-hal yang dianggapnya lebih superior.
6. Ekornya turun kebawah dan bulu-bulunya ‘berdiri’ semua, tandanya si kucing benar-benar dalam kondisi ketakutan.
tarsius7. Ekornya bergerak ke kiri dan kanan tak terkendali, ini tanda sang kucing sedang marah. Bila diayun-ayun dengan penuh semangat, artinya kucing Anda sedang siap untuk perang.
8. Ekornya dalam kondisi normal, tapi ujungnya kaku. Versi ini menunjukkan bahwa binatang kesayangan Anda sedang merasa kesakitan. Bila ujung ekornya semakin menegang, artinya rasa sakitnya bertambah-tambah. Hati-hati menyentuhnya, bisa-bisa cakarnya beraksi.
9. Ekornya menegang seperti anak panah. Posisi tersebut sering kita lihat bila sang kucing bertemu tuannya atau seseorang yang dia sukai. Posisi tersebut juga terihat bila sang kucing sedang memperlihatkan perilakunya menandai daerah tertentu, sambil menyemprotkan air maninya ke sudut-sudut daerah tersebut.
10. Ekornya bergerak ke satu sisi. Biasanya dilakukan kucing betina bila gairah seksualnya sedang membara dan siap dibuahi si jantan.
11. Ekornya lurus dan bulunya berdiri semua, tanda kucing sedang agresif.
12. Ekor melengkung dan bulunya berdiri. Siap perang, dan bulu yang berdiri itu siasat si kucing untuk terlihat besar di hadapan lawannya. Siapa tahu, dia beruntung kan?

Sayangnya, si Ammar Jr, itu buntutnya pendek, jadi komunikasi saya dengan si Ammar cuma lihat mimik wajah serta sorot matanya saja. kadang-kadang dengan suaranya juga. Sejauh ini memang gak ada masalah. hehehe..

Advertisements

5 Comments

Filed under kucing

5 responses to “Rahasia Ekor si Kucing

  1. saya juga suka kucing tapi gak doyan klo buat dimakan :mrgreen:

  2. duhh aq suka kucing klo cmn gambar or photonya gt, tapii klo kucing asli aq atutttttttttt 😀

  3. ini mba apa mas-mas ya…… liat kucing saya gak???

  4. Chennnn

    Di rumah aku px panti Asuhan,
    ISix kucing2 TunaWisma…

    Keren Ga’ menurut lo..??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s