Merdeka?

Tanggal 17 bulan ini, katanya negeri ini sudah 63 tahun merdeka. Begitukah? Kalau dikaitkan dengan peristiwa pidato proklamasi Bung Karno dan Bung Hatta, mungkin begitulah. Setelah peristiwa yang kemudian diakui dunia, para penjajah pun hengkang dari bumi nusantara ini. Tak ada lagi orang asing yang semena-mena di bumi pertiwi ini. Tak ada lagi rempah-rampah yang diboyong ke negeri asing, dan semua manusia –penduduk negeri ini– memiliki hak yang sama di negeri elok ini. Para perempuan, anak-anak pun hidup damai dan sejahtera.

Benarkah? Benarkah tak ada lagi kekayaan bumi ini yang diboyong ke negeri asing? Tengok emas-emas kita, tengok pasir kita, tengok isi laut kita, tengok pula kayu-kayu kita. Benarkah tak ada orang asing yang semena-mena di negeri ini? Ahh.. Benarkah semua penduduk di negeri ini punya hak yang sama? Tengoklah para perempuan yang masih saja punya hak berbeda dengan kaum lelaki. Tengoklah anak-anak kita yang masih sulit sekolah. Berapa juta harus dikeluarkan agar anak-anak bisa sekolah dengan tenang? Padahal gaji per bulan saja tak cukup membayarnya? Berapa banyak pula penduduk yang masih harus antri mendapat pelayanan kesehatan, sementara hak itu pun masih saja disikat mereka yang tak punya nurani.

Melapor? Pada siapa? Bahkan para jaksa pun kini banyak yang dipenjarakan. Berapa duit lagi harus dikeluarkan untuk mendapat keadilan di negeri ini? Bahkan di jalan pun, kita sulit bicara fair. Tengok saja para kernet truk melemparkan korek api pada ‘seseorang’ di jalanan? Alasannya, agar tak perlu ditimbang-timbang lagi muatannya. Padahal kelebihan muatan bisa membuat jalanan antar kota rusak berat, apalagi musim hujan. Berapa nyawa telah menjadi korban. Masih pedulikah yang berwenang? Mereka masih sibuk memunguti korek api itu.

Duit.. duit.. padahal, harga-harga kini mulai melambung. Dulu 100 perak masih bisa membeli cabai merah. Kini? Senyum sinis dari para penjual.

Merdeka? Sudahkah? Hmm.. mungkin..


foto diambil dari kiriman om Jiban

Advertisements

56 Comments

Filed under jurnal

56 responses to “Merdeka?

  1. Yach, memang begitulah hidup di Indonesia. Katanya negeri yang kaya, tapi buktinya banyak rakyat yang kelaparan.

  2. arti merdeka itu bener-bener sulit dideskripsikan, maksudnya, itu semua tergantung yang mau mendefinisikan… hehe!!! (apa sihhh….)

  3. inilah realitanya… kemerdekaan memang sudah diproklamiskan. tapi belum dirasakan!

  4. thegands

    merdeka!!! merdeka dari tugas-tugas sementara ini..

  5. *serasa masih dijajah*

    *bingung*

  6. Merdeka…. hayo, mo ngomong apa lagi ?!!?

  7. merdeka.. bisa ngeblog… πŸ˜€

  8. kenyataan yang sangat pait …. walau bagaimanapun Indonesia harus bangkit

    MERDEKA

  9. Merdeka … !!!

    (sebagian ada yang sudah … sebagian lagi belum …)
    begitu kali yee …

    But …
    I love Indonesia … !!!
    (mantan pengibar bendera … yang coinnya krincingan itu …)

  10. nana

    minta kucingnya dong, lucu banget… bisa bertarung gak dia?

  11. nana

    oia,, merdeka!!!

  12. Suka Kucing ya??
    maklum pertama kali mengunjungi, salam kenal

    MERDEKA!!!!! INDONESIA!!!!

  13. merdeka gak punya pulsa
    lam kenal πŸ˜‰

  14. kalo belum merdeka mah….uang berapa aja nggak bakal ada arti!
    sekarang sudah berarti..berarti sudah merdeka!
    Merdekaaa!

  15. Kita ini dijajah sama orang2 kita sendiri. Bener gak??

  16. merdeka itu idealnya diiringi dengan meningkatnya kesejahteraan… bukan malah sebaliknya ya… setuju??? he…he..

  17. Merdeka atau mati!!!
    Rebut kembali aset negeri yang dikuasai asing!!!
    Jangan sampai terjajah lagi dengan topeng investasi!!!

    Ikut teriak πŸ˜€

  18. yahh itulah kenyataan yg ada di negeri ini,, tugas kitalah untuk berubah..

  19. bukan maksud hati menolak merdeka…
    tapi apa daya, masih banyak yang kelaparan.

  20. Ingin TERCERAHKAN tentang problem dunia? Lihat “PLANET ROBOT” di blog kami. Ok banget!

  21. oih… merdeka…! (merdeka yang semua…)

  22. thegands

    merdeka!!!!!!!!

  23. gw blm merdeka, gw blm lulus KULIAH.. hu.. hu..

  24. kita udah merdeka ……
    jangan katakan merdeka….

    mungkin begitu kali ya……

  25. walo bagaimanapun ina adalah tetap ina kita tercinta dimana kita akan kembali walo kemana kita melanglang buana…mulailah dari diri kita sendiri…

  26. merdeka.
    maksudnya dari penjajahan asing. kalo di jajah oleh bangsa sendiri gak termasuk.

  27. Elys Welt

    kalau diurai satu persatu sih buanyak sekali masalah di negeri kita ya, nggak kepikir bagaimana orang2 berebutan dan berlomba2 mau jadi pimpinan, artis2 juga ikut2an, lutju sekali, apa mereka nggak ngeri melihat segala masalah yang menggunung itu ?

  28. Elys Welt

    btw…. foto kucingnya keren oiii kayak habis dr fashion show … itu kucing kamu ya ?

  29. eh ternyata kita udah merdeka ya…udah tua lagi!

  30. Hiyahahaaha…. sorry, abiz kucing itu loch… make apan yaa… iseeengg aja dehh…:D
    Merdeka dari “penjajahan kolonial” aja dulu..:D

  31. Klo dulu 100 perak bisa beli cabe rawit sejumput, sekarang bkn cuma disinisin, yg ada malah dimarahin, disuruh tanam cabe sendiri aja.

  32. iya seratus perak baut apa yah..dizaman merdeka ini…( paling tidak bangga dong punya mata uang yang desimalnya gede… katanya orang indonesia milyoner buat beli soft dirnk seharga. 5000 (dibaca Five thousand) fantastic if i visit in u country i will be come milyuner right…is funny thing…dasar bule bego.

  33. Merdeka!!! Semangat dan ayo terus semangat, untuk mempertahankan kemerdekaan serta berjuang untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa Indonesia…

  34. Merdeka, untuk para pemerintah, hehe

  35. merdeka? kita merdeka… tpi kita blom merdeka soal kemiskinan dan kebodohan..

  36. MERDEKAAA..!!!!

    apa yang sudah kau perbuat untuk negara ini???

    dirgahayu Indonesiaku

  37. diah

    kucingnya lucuuuu…..

  38. kw

    sabar, perlu dua generasi untuk sampai ke keadaan yang sip. πŸ™‚

  39. awi

    merdeka! semoga kita segera merdeka dari korupsi

  40. Pingback: LPLPX.COM » » When is your Independence Day?

  41. Minimal masih ada harapan…….semoga memang benar….

  42. tcpmi

    jadi inget, kemaren pas di lampu merah ngasih uang recehan ke pengemis…gitu uang receh itu jatuh ketangannya, dia langsung buang uang(kalo gak salah liat) cepek-an…
    mungkin yang diambil, yang 500an aja…

    emosi banget liatnya..!

  43. yang penting tetap SEMANGAD!!!! πŸ˜€

    ~aku naksir kucingnya…

  44. keadilan memang harus menjamin seseorang menerima haknya. tp bukan berarti keadilan itu harus sama rata kan mbak?…

  45. btw, aku jd bertanya2 nih, dapat gambar kucing yg lucu2 kyk gituh darimana ya mbak?

  46. hai..hai… terimakasih untuk semua komentarnya yang seru habiessss… hehe. Soal foto, yes its totally cute. Darimana? coba deh simak quote di akhir postingan. Fotonya kiriman om Jiban..mudah2an gak lama lagi om kriting itu mau komen soal foto itu.. thanks all. πŸ™‚

  47. sepertinya sang khalik tak akan pernah berhenti mengatakan “kun fayakun” tuk menciptakan makhluk hidup..itu berarti masih ada waktu bagi kita tuk merubah peradaban yang complicated ini..bermimpilah tanda2 perubahan itu muncul ketika kita masih hidup, agar keluh kesah positif kita kan berubah layaknya “kun fayakun” sang khalik, merubah yang hidup menjadi mati ataupun sebaliknya..

    sabar, namun bertindaklah!
    gitu kali yeeee…

    K

  48. merdeka!!!! *telat beberapa hari* πŸ˜€

  49. salam
    Merdeka cuma di slogan doang kali ya πŸ™‚

  50. Merdeka itu penuh makna….setidaknya gak ada kerja rodi kaya jaman penjajahan dulu….ya gak?

  51. Merdeka atau mati buat saya masih sama … *gaya pejuang mode on*

  52. plisss…. jangan merdeka dulu…hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s