Puasa Kali Ini..

Puasa kali ini terasa lain.  Tahun lalu, saat ibu masih ada, menu di sahur pertama selalu beefsteak lengkap.  Kini, ada pindang ikan mas, bakso, ayam panggang, dendeng, keripik kentang, rolade, sayuran… Semua makanan itu hampir semua kiriman. Mereka, seolah mengerti, kepergian ibunda, membuat kami bingung menentukan menu.

Rumah munggah pun tak lagi di rumah utama, tapi di rumah kakak tertua di Bandung. Nuansa dan atmosfirnya jelas beda. Rasanya tak bisa tergambarkan.. Sore sebelumnya, kami semua berkumpul, berdoa, lalu bersimpuh kepada ayahanda untuk meminta maaf.  Hampir semua mencoba menahan haru dan kerinduan. Andai saja ibunda masih ada.. Ah duka ini memang sulit dihapus.

Memasuki ramadhan ini, memang berbeda.

Semoga perbedaan ini membuat kami lebih tegar dan tawakal..  Selamat berpuasa teman-teman, maafkan segala khilaf ya..

Advertisements

52 Comments

Filed under jurnal

52 responses to “Puasa Kali Ini..

  1. Ah …
    Puasa pertama tanpa ibunda …
    Sungguh ada suatu yang hilang ya …

    But aku yakin dia juga pasti bahagia disana …

    Cheers … jangan bersedih …
    Selamat Berpuasa …
    Mohon Maaf Lahir dan Bathin

  2. Selamat berpuasa juga …
    Melalui puasa semoga kita semua diberikan kekuatan dan tawakal
    Maaf lahir dan bathin

  3. Sahabat,

    Met nikmatin indahnya bulan suci
    Mohon maaf lahir & bathin 🙂

  4. Pingback: Selamat Idul Fitri 1429 H « Rumah Qizink La Aziva

  5. ini puasa keempat saya tanpa ibuk saya, karena ibuk di kampung dan saya di ibu kota T_T

    mbak ammar yang sabar ya… banyak berdoa untuk ibundanya

    mohon maaf lahir batin, selamat berpuasa

  6. puasa kali ini juga berbeda dari keluarga saya!
    kakak perempuan saya nggak dirumah lagi…karna udah diculik oleh kakak ipar saya!
    wekekekekekeek!

  7. Emang disaat-saat seperti ini ibu jadi primadona, menjelang sahur dan buka kita selalu dapat mastiin ada gebrakan baru di meja makan hehe…
    tapi tetap semangat yaa, amal ibadah yang dilakukan si anak adalah jaminan bagi orang tua bahwa mereka sudah menuntun/menjadikan anak2 mereka hamba Allah yang amanah sesuai kehendakNya, amien. (3 prkara bgi orang yang sdh menghadap sang khaliq)

  8. met mnunaikan ibadah ramadhan !!
    moga sehat & bisa mnuntaskan puasa ampe akhir !!

  9. selamat menunaikan ibadah puasa.

  10. hiks…aku rindu bunda, udah 5 kali puasa ( Red.bukan 3 kali puasa, 3 kali lebaran ) di tanah rantau..mudah2an di hari kemenangan bisa berjumpa sama mereka lagi..

    mbak……[serius mode : ON ]
    bagiiiii dong keripik kentang sama dendengnya!!!!! [ngareppp]..

    selamat puasa ya mbak..mudah2an silaturahim virtual tidak terputus…

    K

  11. selamat puasa juga….

    setiap cobaan dan ujian akan membuat kita menjadi lbh baik dan lebih kuat…

  12. ryan

    slmt menunaikan ibdh puasa, slm kenal

  13. dimaafin…semoga sabar…sekarang kamu yaitm dan piatu…semoga jadi anak yg banyak pahalanya karena cuma itu yg bisa diberikan bagi mereka yg telah memasuki peristirahatan terakhir

  14. thegands

    met puasa ya…

  15. semoga Ibu anda bahagia disana karena anaknya sukses menjalankan syaum ramadhan

    met syaum ya…

  16. selamat berpuasa bagi yang menjalankannya 🙂

  17. Mbakkkkkk 😦

    *ga bisa ngomong apa2* 😦

    *ga kebayang apa rasanya ga ada mama* 😦

  18. Salam
    Duh jadi ikutan terharu, semoga dengan atomfer berbeda menjadikanmu di ramadhan ini lebih tegar ya. Amin

  19. Selamat menunaikan ibadah Puasa ya, Mohon maaf lahir dan batin.

  20. yap emang beda, dan lebih nikmat 😀

  21. Sentuhan kasih sayang itu berasa berkurang yah? Saya merasa empahty nih. 😦

  22. met menunaikan ibadah puasa..

  23. nana

    selamat berpuasa ya mbak..
    moga2 di bulan ramadhan ini semakin tegar dan semangat dalam menjalani hidup walopun sempat kehilangan..
    😛

  24. semoga Ramadhan kali ini penuh makna
    * si meow puasa juga yah?

  25. Arm

    met puasa…

    moga menjadi suci di akhir bulan

    ada pertemuan ada perpisahan 🙂 cheers..

  26. Maaf telat, sudah dapet 3 hari baru ngucapin.
    Met puasa ya … semoga amal ibadah kita di bulan suci ini diterima oleh Allah swt. Amin ….

  27. selamat berpuasa!

    salam kenal juga… 🙂

  28. Selamat berpuasa mbak.. Tetap semangat!
    Jangan bersedih lagi ya.

  29. Saya yakin Allah selalu menempatkan semua ibu di sisiNya yang paling tinggi.

  30. sama sama buuuu

    selamat puasaaaaaaaa

    maap maap salah salah kata 😀

  31. ariefdj™

    ..ini puasa pertama yang ………. ahh.. gitu deh…

  32. Elys Welt

    selamat berpuasa yach
    aku dah lama terbiasa berpuasa tanpa ibu dan bapak

  33. ya, selamat berpuasa juga!
    semangat mas!

  34. Selamat berpuasa ya, ini memang puasa pertama tanpa beliau, tp jangan lama2 bersedih ya. Tetep optimis dan semangat 🙂

  35. puasa kali ini kerjaan saya nonton naruto dari awal…

  36. insayalah amal ibadah kita di terima disisinya amin

  37. selamat menjalankan ibadah puasa, kawan

    sekalian minta izin nitip link artikelku mengenai Mirahel, putra almarhum Heri Santoso–korban pembunuhan dan mutilasi oleh Ryan; yang kini berbuka puasa tanpa ayahnya :

    http://ayomerdeka.wordpress.com/2008/09/03/mirahel-belum-tahu-bapaknya-dibunuh-oleh-ryan/

  38. happy Ramadhan, met puasa juga ya! nice 😀

  39. kasih ibu memang tiada duanya….
    nikmat cintanya melebihi segala kemewahan.
    Jadi inget sama ibu di kampung halaman……..

  40. Alhamdulillah kita masih bisa menikmati Sahur dan Buka, … Selamat menjalankan ibadah puasa

  41. dyra

    selamat menunaikan ibadah puasa juga ya Mbak.

    aku mah udah berapa tahun ini ga pernah puasa bareng ibu. beda kota, hieks…
    *jadi pengen pulang*

  42. sabar ya….
    ibunda kamu pasti bangga banget bisa memiliki anak yang hebat seperti kamu….
    met menjalankan ibadah puasa,,,
    salam kenal

  43. hai all.. trims utk semua komentar, nice comments, really! Beberapa bikin mata saya berkaca-kaca, yang lainnya membuat saya tersenyum. Sepertinya ini juga kado indah buat ibunda yang (seharusnya) hari ini berulangtahun. Mudah2an beliau membaca blog in di atas sana 🙂

    O ya utk @cena, saya bukan anak hebat, banyak kekurangannya. Karena itu saya masih saja menyesali waktu2 yg seharusnya bisa sy manfaatkan dulu bersama almarhumah. Tapi sudahlah, mudah2an beliau tahu bahwa saya sungguh mencintainya..

    Sekali lagi terimakasih ya all.. 🙂

  44. jangan gitu mbak, tetap aja lalui walau memang membuat mata mengeluarkan tetesan-tetesan air.

    selamat berpuasa

  45. Jangan Bersedih ….
    Semoga dihari yang suci ini beliau bahagia disana …dan kita yang didunia nyata ini menyambut hari yang suci ini dgn suka cita …
    MET PUASA yach …

  46. jangan bersedih. ibu sudah nyaman berada di taman firdaus. eh, sebelum puasa kemarin sempat berziarah ke makam ibunda, khan?

    ——-> ya, sure! Sedih memang sangat tak enak. Mudah2an waktu bisa membantu sy. Tks mas Puji

  47. semoga ALLAH selalu memberikan Ramadhan yang luar biasa dari tahun ke tahun.

    rangkaian isra miraj (visi: syukur dan optimis), ramadhan (kapabilitas: ilmu & ‘amal), qurban (akselerasi: berani dan berkorban) diakhiri dengan hijrah (eksistensi: merdeka dan mandiri) senantiasa setiap tahun kita lalui sebagai tarbiyahNYA.

    dan setiap hari kita do’akan dalam berlindung kepada ALLAH dari kecewa dan gelisah, bodoh dan malas, pengecut dan tidak mau berkorban, kesulitan ekonomi dan dominasi manusia lain.

    selayaknya seorang muslim akan membaik kondisinya dari tahun ke tahun. tapi kenyataannya…

    http://trendibandung.wordpress.com/2008/09/06/ruhiyah-dan-rupiah-di-ramadhan-penuh-berkah-2/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s