Suara Adzan Itu

Updated : postingan ini sudah published November 2007. Sengaja saya posting lagi, karena saya mengalami hal yang sama di bulan puasa ini. Mendengar suara adzan yang mengecewakan, tapi juga mendengar suara Adzan yang luar biasa indahnya seperti suara adzan di Mesjid Dian Al Mahri, Mesjid Kubah Emas di Depok itu. Mendengar suara adzan yang indah itu tentu saja pengalaman yang menakjubkan,dan sangat menyejukkan. Karena itu saya re-post tulisan ini..

O ya.. Saya pernah dengar ada berbagai jenis dialek atau logat  Adzan. gaya Adzan Mekah dan Madinnah berbeda?  Ada yang tahukah? Mudah-mudahan bisa dishare di sini. -salam!

Setiap kali adzan itu dikumandangkan, biasanya kening langsung berkerut. Suaranya itu sepertinya ‘mengganggu’ gendang pendengaran. Tak sareh, seperti yang selalu dalam pikiran ini. Saya berusaha introspeksi, apakah memang saya yang tidak mendapatkan hidayah untuk menikmatinya? Atau speakernya yang terlalu keras? Atau karena nadanya amburadul, apalagi diselingi batuk kecil…Atau apalagi.. Wah…. tarsius Saya berusaha tak protes, karena takut kualat, apalagi ini menyangkut hal-hal peka bagi sebagian orang. Saya sempat ‘putus asa’ juga dengan masalah ini. Sampai suatu saat saya harus menuju perkampungan Dayak di ujung Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Di tengah perjalanan, karena menjelang gelap, kami istirahat di sebuah kampung. Kapal boat yang kami tumpangi merapat. Saat itulah saya mendengar suara adzan yang sungguh indahhh sekali. Seketika saya palingkan wajah mencari sumber suara itu. TErnyata ada Mesjid tak jauh dari dermaga. Ah..ini dia kumandang Adzan yang saya impikan. Lantunannya pas, bersih dan bening, juga nadanya. Suara Adzan yang indah ini pun saya dengar lagi ketika bulan puasa kemarin tarawih di Mesjid Al Azhar, Jakarta Selatan. Ternyata ada juga suara adzan yang membuat hati saya terpesona.

Ahh, semoga saja saya selalu mendengarkan suara Adzan yang indah itu.

Advertisements

66 Comments

Filed under jurnal

66 responses to “Suara Adzan Itu

  1. Mengunjungi blog ini jadi teringat teman yang senang miara kucing, bahkan kucingnya punya KTP lho. salam

  2. Teteh KuKer, akhirnya solat tarawih juga ye? Nggak lupa caranya khan?

  3. Kalau suara adzan yang mengesan itu aku dengar di film Black Hawk Down. Pas banget…

  4. jangan aja ada adzan yang suaranya kayak bisik2 tetangga!
    wekekekek!

  5. ahhhhhhhhhhh…..kucing….. i love you…………..

    heheheh

  6. Adzan, panggilan untuk meraih kemenangan…. sebisa mungkin menggetarkan hati siapapun yang mendengarnya…. Adzan yang berkesan, suara adzan dari tetanggaku yang biasa adzan di masjid sebelah rumah…tapi kini telah tiada orangnya…dan sampai sekarang belum ada yang bisa seperti orang tersebut…

  7. dibelakang rumah sekarang ada pesantren, adzannya bagus2, kek yg di makkah, jd seneng juga dengerinnya.

    btw, salam kucing deh ya hihi

  8. saya pernah mendengar adzan mas yang lagi s3 di kosan saya, itulah adzan pertama yang bikin saya merinding karena indahnya

  9. suara adzan memang sering kali indah dan terasa damai di hati

  10. Tuhan Maha Mendengar, mba. Suara lirih yang merdu pun pasti kedengaran juga oleh Yang Maha Asih…

  11. di manapun, suara adzan sangat indah buat telinga saya, apalagi pada saat maghrib di bulan puasa gini…

  12. menyejukkN hati 🙂

    semoga bukan sekedar azannya yg menyejukkan …
    tp panggilannya yg kita jawab juga 🙂

  13. suara adzan adalah panggilan, panggilan untuk melaksanakan kewajiban, jika kamu merasa terpanggil maka laksanakan kewajibanmu.

  14. adzan magrib di bulan puasa adalah hal yg paling ditunggu 😆

  15. Repost … repost .. tp gpp saya blom baca 😀

  16. alow… please baca postingan saya yang ada di http://13udi.blogspot.com/2008/09/dapat-award-lagi.html … dan anda telah mendapat award dari saya… mohon dikerjakan ya.. terima kasih..

  17. Azan = panggilan kemenangan.
    yang puasa, yuk buka 🙂

  18. Ayam Cinta

    Sampe saat ini belum nemu adzan yang ‘menggetarkan’ 😦
    Iks…

  19. Adzan, seruan untuk menuju kemenangan.

  20. zee

    Paling suka klo denger adzan yang merdu, rasanya indahhhh di telinga dan hati. Makanya klo dengar adzan subuh yg asal-2an, rasanya mo marah.. tp lalu saya pikir, sudah syukur ada yg mau adzan bangunin orang2, kok malah dimarahin.

  21. Separah apa pun kualitas nada adzan magrib di bulan puasa, tetap akan terasa indah terdengar!

  22. saya dulu sering adzan di musholla, tapi gak pernah ada yg bilang kalo adzan saya baguuuusssss….. hiks hiks hiks
    mba’ yg satu ini postingannya koq tetep aja ada gambar kucingnya ???

  23. pernah dlu pas kecil cita2 jadi bilal di masjid nabawi…

    🙂

  24. Kapan ya terakhir kali adzan??

  25. Kalau logat, saya yakin tiap daerah punya logat sendiri-sendiri. Mungkin kalau di Indonesia, pasti orang akan dapat mengenali orang dari Batak atau Bali ketika bercakap-cakap.
    Atau yang dimaksud tidak sama dengan yang saya maksud?


    ——-> bukan logat itu yg saya maksud tapi logat (duh apa ya disebutnya) iramanya. Ternyata –konon– irama adzan itu berlainan. Konon juga sumbernya ada dua dari Mekkah dan Medinah… Ah saya juga kurang tahu soal ini.. mungkin yg lain ada yg lbh tahu??

  26. Jay

    Dimana2 seluruh dunia ini, kalimat yg di kumandangkan dlm adzan sama.

    Hanya saja suara muazin-nya berbeda2. Tapi pada perinsipnya- barang siapa yg apabila mendengar adzan (Kalimat Allah/Al Quran) bergetarlah hatinya dan langsung bangkit untuk pergi ke masjid utk shalat berjamaah bagi laki-laki. Sementara utk perempuan, rosul tdk melarang utk berjamaah di masjid, tapi carilah shaf yg paling belakang. Tapi sebaiknya utk wanita shalat di rmh.

    Jadi suara Adzan yang indah itu sebenarnya bisa didengar dimana saja, tergantung pribadi2 masing2.

    Mohon maaf jika ada kesalahan dlm penyampaian dan penulisan. Kpd Allah aq mohon ampun.

  27. keadaan emosi seseorang mempengaruhi apa yang datang kepadanya. bisa jadi karena kerinduan akan Allah, maka adzan itu terdenngar merdu dan damai di hati
    🙂

  28. yessymuchtar

    aku juga pernah dapat pengalaman seperti ini..

    mendengarkan adzan yang membuat hatiku damai..dan ingin segera mengambil air wudhu untuk segera menghadapNya…

  29. HHmmm …

    Al Azhar … ???
    Wah deket-deket sini aja dong …
    liat spanduk temen saya ndak … ??? hehehe

    http://theordinarytrainer.wordpress.com/?s=Bang+Adi

  30. ariefdj™

    Ada sedikit perbedaan., tapi perbedaannya itu nggak dalam isinya / lafazhnya.. coba deh googling, nti jg ketemu..

    konon, lafal adzan bisa sangat menggugah perasaan orang2 tertentu dgn kadar keimanan tertentu.. kalo ada waktu, bisa baca ‘Robohnya Surau Kami’ karya A.A Navis, disana ada sedikit ‘hikmah’ tentang azan.. kalo gak salah inget lho.. he he..

  31. kalo mendengar suara Adzan magrib di televisi, kadang saya gonta-ganti channel, ternyata suara dan vokalnya berbeda-beda.

  32. Emang mba ada suara adzan yang, maaf berisik. Tetapi kalau nadanya pas, suaranya gak memekak dikuping, itu buat kita merinding karena takjub mendengarnya,menenagkan, jadi rindu suasana suasana mesjid 😀

  33. sebenarnya untuk azhan itu di anjurkan orang yang memiliki suara yg merdu 🙂

  34. adzan magrib yg paling di tunggu….
    gak…?
    kalo subuh molor…waka…ka….
    asshola….tuhoirumminannaum…….

  35. kaya saya kalo dengerin lonceng gereja yah..:)

  36. suara adzan yang indah akan lebih menusuk kalbu..
    seakan2 malaikat yang memanggil kita untuk segera memadu kasih dengan Allah SWT 🙂

    Gmn mbak, dah tanya mbah gugel ? :mrgreen:

  37. adzan??

    hari” ini adzan magrib neh yang paling ditunggu ma semua umat islam.
    buat semua selamat menjalankan ibadah puasa yap.

    hwiii sukka banget ma kucing yak??

  38. Denger ga suara adzan Tora Sudiro di PPT ?

  39. Hmm, ini yang bikin gak tahan mba, slalu saja airmata mengalir kalo denger azan, terutama subuh, biasa kita sholat bareng, kini sholatnya sendiri-sendiri…..hikss….

  40. Kalo denger Azan harus sepet sholat. Udah sholat belum?

  41. bukannya tergantung orang yang azan ya?masalah suara sih kayanya no2 yang penting niatnya mengingatkan waktu solat

  42. sudah pernah denger mantan preman adzan ?
    hmmm.. saya sudah …. agak kaget juga, luarbiasa .. ternyata dibalik sisi gelapnya itu ….

  43. all about cat ya di sini? hehe..
    Wah adzan yang indah. saya belum pernah merasakannya sih. atau karena saya terlalu sibuk denmgan urusan duniawi hehe.. Berarti bagus banget tuh orang yang berseru adzan tersebut..

  44. pernah denger logat adzannya orang mesir? coba denger deh,,,

  45. kalo ada adzan aku langsung kabur…

    *emangnya setan?*

    maksudnya kabur ke masjid

    hehehehe

  46. hmmm..saya juga sempat shalat tarawih di Al-Azhar pada ramadhan tahun ini, suasananya ademmm aja, walaupun gak terlalu ngeh dengan suara azannya..biasanya klo enak suasana masjid, enak pula kita ibadahnya…mbak yang nitip kucing di penitipan sepatu yang lantai bawah bukan??….***kaburrr***

    K

  47. kalo gw.. liat azan di tivi, reflek matiin pake remote…. *belum dapet hidayah* hiks hiks

  48. siap2 menuju ke lokasi 😀

    thanks for the info 😀

  49. betul juga ….
    adzan di tegal juga beda nadanya…
    heheh…

  50. beberapa hari lalu liat adzannya tora sudiro di para pencari tuhan… smpet ngikik nech

  51. kalo kata orang dulu mah, don’t judge the book by it’s cover..

    eh ada hubungannya gak yah? kayaknya sih nggak..hehe

  52. Azan berkumandang, setan / iblis pun lewat …

  53. Iya
    yang adzan di masjid kubah emas bagus bgt suaranya 🙂

  54. membuat bulu kuduh merinding pastinya apalagi klo dengar orang mengaji

  55. Berarti suara adzannya langsung merasuk ke hati ya?

  56. kapan yah saya bs merasakan sejuknya suara azan 😦

  57. memang suara azan sangat mengingat kan kita
    apa lagi azan magrib
    kalo kita lagi puasa
    he he.

  58. Arm

    idem ama postingan di atas 😀

  59. thegands

    thegands mengucapkan selamat menunaikan lebaran

  60. aku kangen suara adzan.. kemarin itu sempet dengerin adzan di musholla kampus yang kecil, darurat, digabung sama gudang, duh rasanya maknyoss..

    oh satu lagi, gak ada adzan disini juga bikin gak pede, “ini tuh udah waktunya buka apa belom yaakk??”.. :mrgreen:

  61. kalau suaranya merdu, suara azannya pasti menenangkan jiwa,
    tapi ada pula yang terkesan maksain azan, dengan suara yang bikin dahi berkerut…

  62. Adzan Indah

    Kalo gwe sih lebih seneng dengerin adzannya muadzin Mekkah sana. Kalo di tempatku, seingatku gak pernah dengar deh adzan sebagus seperti adzannya muadzin mekkah. N bwat kucingnya salam meongggg!!!! Yo

  63. mood

    bang!! ku juga dgr adzan yg bagus … adzan subuh di hp ku (hidayah syiar) bg yg thu tu adzan subuh dr masjid apa, tlg beritahu ya soalnya bagus banget … syukron

  64. JuliusMX

    Ini yg jawab pada banyak ga nyambung..

    Iya, gw jg pernah denger tuh, suara adzan yg beda ayatnya..
    Malah gw punya suara adzannya..
    Dia beda pas ngucapin Ashyaduanna muhamadarosullullah..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s