Cinta dan Persahabatan

Tadi pagi, selepas subuh, saya mengaduk-aduk buku di boks ‘harta karun’ saya yang berisi koleksi sejak mahasiswa. Pertama, yang terkait jemari adalah buku bersampul ‘batik’ motif tetumbuhan warna tanah. Tetralogi masterpiece – Kahlil Gibran- Sayap Sayap Patah. Hmmm.. sepertinya cocok nih dibaca lagi pagi ini…

piece3Tema kehidupan, persahabatan dan pengorbanan menjadi pilihan saya, pagi itu. Ada beberapa quote yang menarik, apalagi jika dihubungkan dengan eforia valentine’s day Februari ini…

Ini dia :

…….Hidup itu penuh kebahagiaan dan kebebasan. Kenapa kita tidak lepaskan kayu pasungan yang berat di pundak kita, dan kita patahkan belenggu yang merantai di kaki kita…….

…… Mari kita pergi ke pantai ke pantai di bawah bayangan sang malam dan naik perahu yang akan membawa kita jauh menyeberang ke balik samudera di mana kita akan menemukan kehidupan baru yang penuh kebahagiaan …

….Meski cintaku sedalam lautan, setinggi bintang di angkasa dan seluas cakrawala….. Cinta membunuh hasrat hasratku, sehingga engkau bisa hidup bebas dan luhur…….

—-Dan aku menyadari bahwa putusan yang kita bayangkan sebagai rahasia tertinggi adalah pemberian hari ini atas kerja hari kemarin dan merupakan kepatuhan hari esok pada kehendak hari ini. ..

— Berkali-kali pula aku membuat perbandingan antara kemuliaan sebuah pengorbanan dan kesenangan pemberontakan, manakah yang lebih terhormat dan lebih indah? Tapi.. hingga kini aku hanya memperoleh sebuah jawaban. Bahwa sikap ikhlas akan membuat segala perbuatan kita menjadi lebih indah dan terhormat…

Yahh.. itu dia penggalan syairnya. Seru? Lebih seru lagi jika Anda baca kisah lengkapnya. Saya sangat terkagum-kagum pada sosok Salma yang memerankan tokoh perempuan dalam Sayap Sayap Patah ini.

anemyCinta memang bukan sekadar mencurahkan kasih sayang, bukan pula sekadar mencium dan memeluk, tapi seperti dituliskan Gibran, cinta tidak memuaskan dirinya dengan apapun, kecuali kekekalan dan keabadian. Ia tidak tunduk kepada sesuatu pun kecuali pada Tuhan. (jodoh itu namanya, ya…).

Jika saja ada cinta yang sesempurna itu, maka mungkinkah cinta itu juga adalah persahabatan yang memperkaya ruh kejiwaan, tak menyisakan pamrih, mengerti musim surut dan pasang, senantiasa mencarinya untuk menghidupkan sang waktu. Karena persahabatanlah yang membuat kita merasa sempurna dan membuat hidup menjadi indah..

Pabila kau bersua sahabatmu di pinggir jalan atau di pasar, biarkanlah batinmu menggerakkan bibirmu dan mengarahkan lidahmu. Biarkan batin suaramu berbicara kepada batin telinga batinnya;

Sebab jiwanya menerima pesan hati, sebagaimana nikmat anggur yang selalu terbayang, ketika aroma dan rasanya telah hilang, dan gucinya telah tiada… (Kahlil Gibran)

Happy Valentine’s day sahabatku….

Menatap masa lalu adalah kebodohan, berjalanlah terus....

Advertisements

43 Comments

Filed under jurnal, kucing, lucu

43 responses to “Cinta dan Persahabatan

  1. menikmati hidup yang ada karena kehidupan dimasa mendatang belum tentu seenak sekarang

  2. waduu saya g ikutan valentine mas 😀

  3. cinta memang tidak pernah memuaskan diri dg apapun. btw,saya suka sama Khalil Gibran juga. pernah punya bukunya tapi….sudah disumbangkan.

  4. sepakat sama yang ini:

    “Karena persahabatanlah yang membuat kita merasa sempurna dan membuat hidup menjadi indah.”

    kalo boleh nambahin..
    membuat hidup lebih berwarna, lebih seru, lebih berarti, dan lebih menyenangkan 🙂

  5. ass.
    aku memang pernah lihat nih buku…..
    tentang sayap2 patah tapi aku malas bacanya….
    wah ternyata bagus juga yah….
    wah aku mau beli deh…..
    so aq belum pernah baca………..
    makasih atas infonya……
    god luck friends…

  6. Blogku kog sepiiiiiiiiiii……………………… Tolong kunjungi blogku dong,.
    :((
    :((
    :((

    Ini blogku :
    KENAPA BLOGKU KOG SEPIIIIIIIIIIIIII…………………

  7. menurut aku seh nikmati aja hidup ini…merdeka

  8. ah, kalo bahas cinta ga habis2 ya =)

  9. sahabat….blue suka picturenya. nice banget
    nanti ikutan di arisan ya
    salam hangat selalu

  10. hmmm indah banget jika cinta dan persahabatan bisa harmonis

  11. tidak ada persahabatan tanpa cinta 🙂

  12. persahabatan entah kenapa menjadi berat setelah seseorang menjadi dewasa yah? karna sudah ada pamrih yang menggoda karna perubahan pola pikir serta kepolosan yang beranjak punah kali yah?

    tapi kalau bisa bersahabat seperti yang di paparkan sang nabi itu keknya seru banget ih,

  13. kita harus mencontoh mereka. :mrgreen:

  14. Persahabatan bagai kepompong …. mengubah ulat menjadi kupu kupu 🙂

  15. mel

    lovely kitty,,,,i’m a cat lover

  16. krn setiap sahabat pasti akan selalu hadir 🙂

  17. Daku juga menyukai “sayap sayap patah” itu, mar. Mengharu biru..
    Happy Valentine, anyway 😉

  18. makasih meong…..eeeeeeeee…….. kucing keren, ini kunjungan baliknya… siip juga ini blog, jadikan partner aja dehh…..

  19. teman-teman biasa sebenarnya adalah sahabat yang luarbiasa 🙂

  20. Andai saja semua manusia mempunya prinsip seperti Khalil Jibran .Dunia ini pasti aman.Ada beberapa kemungkinan dampak positif maupun negatif dalam persahabatan.
    Sahabat bisa menolong kita dari sesat, juga bisa membawa kita ke dalam sesat.Jadi hati-hati aja dalam memilih sahabat.Yang seperti kucingkeren inilah salah satu pilihan sahabat yang tepat.

  21. i like kuciing
    raih semangatmu…
    jadikam napa yang kau dapatkan hari ini adalah apa2 yang kau rencanakan kemarin
    keep moving forward

  22. iya yang selalu menengok dan meratapi masa lalu = bego

  23. persaudaraan dimulai dari persahabatan ..
    i love you mbak 🙂

  24. Sama2…Happy Valentine’s Day juga…..

  25. Paling nggak kuat kalo liat kucing, gemes banget…!
    Kucing seperti ini pasti kubawa pulang tanpa seijin pemiliknya…!
    (Niat jahat)

  26. memelihara cinta dan persahabatan adalah yg utama

  27. selamat malam,boz
    blue datang…..
    salam hangat selalu

  28. Wooot……. Cinta dan persahabatan, wahhh

  29. perasaan, kemarin sudah ada artikel baru. kok, jadi kembali ke posting yang ini ya? atau…saya salah liat…

  30. ah kalo membicarakan cinta pasti ga ada habisnya :mrgreen:

  31. joe

    cinta dan persahabatan pilih yang mana ya?

  32. emang cinta g’ punya mata

  33. biasanya tuh kalau udah yang namanya cinta kopi pahit terasa manis he…he…apa kabarnya nih

  34. dulu sempat tersesat karena si gibran

  35. wah, gak bisa koment artikel yg baru ya? kok, ditutup nih.

    padahal mau koment lho.
    Siapa bilang? nah nah…siapa bilang?
    kadang kita memang gak tahu ada apa sebenarnya dibalik sebuah kebaikan, senyum, pemberian, cinta, pujian, dll. kadang semuanya belum tentu tulus ya.

  36. Mau komen postingan diatasnya eh dah ke lock… huhuhuh telat

  37. Adakalanya cinta dan persahabatan ibarat coin bermata dua. Artinya.., artiin aja sndiri.., hehehe..

  38. kezedot

    meongggggggggg
    bang, datang ya ke apartemandnya si blue yg baru
    q tunggu
    salam persahabatan sejati

  39. kenangamu

    persahabatan itu lbh dari segalanya,,
    aku rela mengorbankan cintaku untuk sahabatku,,
    lam kenal…

  40. rudiecesta

    waw bguuss bgt seeh puisi’nna
    aquu bruu prtama klie nmuin pusi sbaguss nee
    pkoknn’a
    i like khalil jibran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s