Ramadhan Itu…

Ramadan is the month during which the Quran was revealed, providing guidance for the people, clear teachings, and the statute book. Those of you who witness this month shall fast therein. Those who are ill or traveling may substitute the same number of other days. GOD wishes for you convenience, not hardship, that you may fulfill your obligations, and to glorify GOD for guiding you, and to express your appreciation.”

Meski wajib dilakukan oleh setiap muslim dan muslimat, tapi ternyata masih ada kemudahan dalam menjalankan ibadah  puasa ini untuk mereka yang sakit ataupun melakukan perjalanan jauh. Sungguh Maha Besar Engkau ya Allah.

Dulu, rasanya begitu malas  harus bangun pada sepertiga malam setiap hari selama Ramadhan. Tapi almarhumah bunda selalu membuat setiap malam itu nikmat dan menyenangkan. Kami selalu terburu menuju meja makan di tengah rumah, penasaran apa yang dimasak beliau saat itu/ Selalu saja ada kejutan. Entah Ayam Kodok (ini ayam yang dimasak utuh, lalu di dalamnya dimasukan kocokan telur , daging cincang serta irisan wortel dan kacang polong.  Makannya diberi saus (entah apa namanya) tapi rasan asam manis dan sedikit pedas.  Atau beefsteak komplet. Dagingnya yang tebal tapi garing membuat mata kami yang ngantuk jadi terbuka lebar. Yang tak terlupakan, setiapa malam itu selalu ada sayur bening mentimun. Katanya agar kita tak haus selama puasa. Jadilah semua anak-anaknya –yang tak suka sayur pun– berlomba menghabiskan sayuran itu.

Ah, selalu saja tak pernah lepas ingatan soal bunda dan ramadhan. Dengan ramadhan ini, saya sudah dua kali tak melewatinya dengan bunda. Jelas kejutan-kejutan itu kini tak bakal ada lagi di meja makan. Bapak pun pasrah dengan hidangan yang kami buat. Entah apa saja, –kebanyakan– kiriman dari sanak saudara yang tau anak-anak ini tak suka masak. Sesekali, saya memang nekat membuat hidangan. Hasilnya? Bapak, mengangguk-angguk kepala, “Mirip dengan masakan bunda,” katanya.. haha..mungkin menghibur saja ya…Ah yang penting beliau senang saja sudah cukup.

Ramadhan ini sudah menjelang. Bahagia karena ada lagi kesempatan untuk berbuat baik –mungkin masak lagi untuk sahur–. Semoga amal ibadah kita diterima olehNYA, ya.. semoga kita semua diberi ampunan untuk semua dosa dan khilaf yang pernah kita buat. Semoga di akhir Ramadhan ini kita menjadi manusia baru yang lebih baik.. Amiinn..

Omong-omong si Ammar Jr ikut puasa gak ya? Yang pasti, kalau sahur dan puasa dia juga suka ikut bangun dan minta makan.. Hahaha, seru juga kalau dia puasa…

Selamat puasa ya teman-teman..Mohon maaf segala kesalahan si kucingkeren ini. semoga kita semua mendapat berkah melimpah di bulan suci ini.Amiiiiiiiiiinn..Amin aminnn..

Advertisements

42 Comments

Filed under jurnal, kucing, lucu

42 responses to “Ramadhan Itu…

  1. Hmm..
    Ramadhan nanti adalah Ramadhan yang ketujuh tanpa Alm. Mami… Dan setiap kepingan kecil kenangan yang pernah ada antara Mami dan aku begitu terasa di momen-momen spesial seperti ini…

    Ah,
    Ramadhan pantang disambut dengan air mata menangisi masa lalu. Mari kita bersemangat saja.. Gimana? 🙂

    Selamat berpuasa…
    Semoga tahun ini bisa memasak ayam kodoknya dengan rasa yang lebih nikmat.. hehehe

  2. Wee..
    Ayam kodok..
    Kirain ayam yg dalamnya diisi kodok..
    Kwkwkw..
    Btw, slamat menyongsong ramadhan ya.. 😉

  3. Fietria

    Yes!!!!!!

    Sekali-kali….

    Pertamaaaaaaaaaaaaxxxxxxxxxxxxxx

    Selamat Menjalankan Ibadah Puasa

    😎

    Mohon Maaf Lahir & Bathin

  4. pada bulan Ramadhan pun Papi meninggalkan keluarga kami utk selama2nya, kami sudah 12 thn berpuasa tanpa ada Papi di sisi kami, kenangan akan tetap tersimpan di dalam hati….

    salam kenal teman, selamat berpuasa…..

  5. Met puasa yaaa 😀 Maaf lahir batin juga…

  6. Puasa tinggal menghitung hari 🙂

  7. haddiirrrr….
    siang siang mengunjungi sahabat, mengharap kemurahan hati sahabat tuk sekedar memaafkan segala kesalahan yang telah aku perbuat.
    Mari kita luruskan niat, sucikan hati, semoga Ramadhan dapat mengantar kita kembali fitri
    cu….
    note: sorry.., komenx-nya ntar aja ya…..

  8. moga sang Bunda telah bersama KasihNya dialam sana… Amiien.

  9. sama2 jeng. maafin ane juga.

  10. iaaa gak kerasa da mau puasa aja…
    met menjalankan ibadah puasa 🙂

  11. Marhaban Ya Ramadhan..Mohon maaf bilamana Ada kata-kata yang menyinggung ataupun menyakiti baik sengaja ataupun tidak disengaja..mari sambut Ramadhan ini dengan hati yang bersih 😀

    -salam- ^_^

  12. Ramadhan 1430 H … sudah didepan mata,
    Aromanya sudah mewangi … semerbak kemana-mana,

    Ya Allah, hamba telah mengintip-intip bulan dari kemaren,
    Hatipun berdebar-debar tiada kira … tak sabar tiada tara,
    Menyongsong tibanya Ramadhan-Mu … bulan penuh kebajikan dan kebaikan.

    ————> tks ya, selamat menjalankanibadah puasa jg,..maaf kan jikaadasalah2kata

    Selamat menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan … mohon maaf lahir & bathin.

  13. Ahlan Wa Sahlan Yaa Syahra Ramadhan..
    SELAMAT MENJALANKAN IBADAH SYAUM,MOHON DIMAAFKAN ATAS SEGALA DOSA, KESALAHAN DAN KEKHILAFAN

    Salam

    ————–>Tks, bro.maaflahirbatin jugayaa

  14. Mengharukan ….she was a great mother ya sis..moga dapat tempat yang layak di sisiNya amin.
    Met menjalankan ibadah puasa juga sis…moga sukses puasanya dan mohom maaf lahir dan bathin juga.

    ———–>Amiinn tks ya, sis

  15. pasti ada keharuan tersendiri setiap mengenang kebiasaan saat bersama orang-orang yang kita cintai, yang tidak bisa bersama lagi. kalau menunya seru seperti masakan bundamu, mar, aku pasti juga ikut rajin melek buat sahur. selama ini memang males banget. minum air putih doang, trus nunggu subuh bentar, molor lagi deh.

    aku yakin masakanmu juga selezat masakan bundamu, mar. cuman rajinnya aja yang nggak sama. hakhakhak…

    selamat menjalankan ibadah puasa juga buatmu dan keluarga, semoga diberkahi. mohon maaf lahir dan batin.

    ———–>> sama-sama ya..amiinnn

  16. ya, selamat menunaikan ibadah puasa ya.. san. Ada dan nggak ada bunda yang penting kenangan itu tidak pernah terlupakan..

  17. Selamat siang Juragan..

    Ada oleh-oleh award dari AnakBangsa..

    sekalian ada misi rahasia..hehe..

    Salam AnakBangsa..

    http://celotehanakbangsa.wordpress.com/2009/08/19/wew-celoteh-award-anakbangsa/

  18. Dan ramadhan tahun ini blue ingin ada perubahan dalam keimanan blue
    salam hangat selalu
    maaf jika ada salah

  19. selamat ber-shaum ya..

    mohon maaf lahir batin.. 😛

  20. Selamat menunaikan ibadah puasa. jangan sampai gara gara ngeblog puasanya batal kawan

  21. Bisa ngebayangin sedihnya ramadhan-nan gak bisa sama2 keluarga. Tapi, hidup harus berjalan. Pelan2 kita memang musti ngebangun dinasti keluarga sendiri, dan mulai situasi ramadhan-nan yg baru dengan keluarga yg baru.

    (kita? weks, bukan gitu mksdnya)

  22. Jangan Sedih ya …
    Mari kita sambut Ramadhan dengan gembira …

    Salam saya

  23. Sahur pertama saya dalam kondisi setengah sadar antara tidur dan melek.

    Tapi untuk selanjutnya…
    Alhamdulillah mulai lancar, nih.

    Met menjalankan ibadah puasa
    Salam kenal

  24. Selamat berpuasa ya….?
    dah kalah belum…?

  25. oh itu namanya ayam kodok toh.. 🙂
    baru tau gua..

    selamat berpuasa ya…
    every minutes is the best time on ramadhan month..
    🙂

  26. Selamat Ramadhan, selamat menjalankan ibadah puasa semoga puasa tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya…

  27. selamat puasa..maaf lahir batin yaaaa

  28. selamat menjalankan ibadah puasa juga
    mohon maaf lair dan bathin 🙂

  29. met mnunaikan ibadah puasa ….
    smoga makin bertambah tingkat ketaqwaan kita ..
    aminn

  30. Kunjungan seorang kawan seperjuangan..
    Salam Perubahan untuk Juragan..
    Selamat menjalankan ibadah puasa..
    Salam AnakBangsa..
    http://celotehanakbangsa.wordpress.com/2009/08/27/15-pertanyaan-yang-tidak-akan-pernah-ditanyakan-tuhan/

  31. selamat berpuasa bagi yang menjalankannya, semoga ibadah puasa kita tahun ini bisa lebih baik dari tahun tahun sebelumnya, amiiin…

  32. semoga u sehat sehat saja ya sahabat
    salam hangat selalu

  33. zee

    Hehehee…….. met puasa ya bu.
    Ammar kalo di suruh puasa, boleh juga kali ya.
    Biar dia belajar prihatin juga…

  34. Met menjalankan ibadah puasa kak…
    mohon maaf lahir dan bathin 🙂

    semoga pada Ramadan kali ini, kita bisa meningkatkan amal ibadah kita….

  35. yeah ramadhan buat aku bulan penuh berkah.. hehehe

  36. Fietria

    Apdetannya mana nih? 😎

  37. SAHABATKU RAIH FITRAH DIRI menjadi MANUSIA SEUTUHNYA UNTUK MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA
    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll…

  38. KangBoed

    Kekasih Sejati yang setia selalu.. DIA rela menunggu walau kita selalu menykiti hatiNYA.. dengan salah dan DOSA.. subhanalllllaaaaah.. DIA MENUNGGUMU.. TANGANNYA SELALU TERULUR MENANTIKAN KITA SEMUA.. YANG MAU KEMBALI KEPADANYA
    SALAM SAYANG

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s