Category Archives: Uncategorized

Jago

ImageSetelah sekian lama ‘anti’ kucing, akhirnya hewan berbulu halus itu kembali menjadi sesuatu yang membuat kangen setiap detik. Adalah suatu sore, menjelang magrib di akhir Oktober 2013, ketika di jendela kamar terdengar suara ‘teriakan’ anak kucing.  Saat ditengok, seekor anak kucing kurus kering berwarna merah api. Saking kurusnya, telinganya terlihat besar, mata belo besar, suara kencang..

Salah seorang keponakan, langsung mengambilnya. “Kasiaann, di luar dingin, mungkin anak kucing ini juga kelaparan,” katanya dengan sorot mata memelas. Dengan hati setengah-setangah (Setengah kasian, setengah lagi tidak mau merasa sakit lagi ketika ditinggal kucing), akhirnya aku pangku si kucing. Langsung dibawa ke wastafel dan memandikannya dengan air hangat. Anehnya si kucing langsung adem semua tindakan itu kulakukan. Matanya menatapku dengan rasa ingin tahu. Setelah kulap kering, anak kucing yang akhirnya kuberi nama si Jago itu kusuapi susu hangat. Si bibi juga membawakan telur rebus, merahnya, setelah dihancurkan kususapkan ke mulut mungil itu.

Dan malam itu, si Jago tidur dibahuku. Tenang, mungkin karena merasa hangat, tetapi selalu ‘teriak’ saat kutinggal ke luar kamar. Besok paginya, karena tugas ke luar kota, si Jago terpaksa aku tinggal seadanya. Kutitipkan si bibi dengan seribu pesan.

Sepulang tugas, dua hari kemudian, di depan rumahku sudah ada kandang dari besi berukuran 100 x 70 cm.  Isinya ternyata si Jago sedang tidur. di dalam kandangnya ada tempat makan dan minumnya. Ternyata kakakku yang kebetulan saat itu berkunjung, langsung mengambil alih perawatan si Jago. “Kalau di dalam rumah, kotorannya ke mana-mana,” katanya. Aku setuju. Tahu aku sudah datang, si Jago ‘teriak’ lagi.  Terpaksa mengangkatnya dari kandang. Dibelai sebentar sampai akhirnya aku mandi.

Waktu berlalu, suatu pagi 5 bulan kemudian, aku kaget ketika ada kucing besar sedang makan di tempat makannya si Jago kecilku. Sesaat menyadari, ternyata Jago kecilku sudah besar.. Dulu , mengangkat si jago, cukup satu tangan saja dan dia bisa berdiri di atas telapak tanganku. Kini, dua tangan pun tak cukup. Beratnya kini hampir 15 kg.  Kelakuannya yang tak berubah adalah menggigit-gigit. “Kalau sedang sadar, si Jago itu kayak devil..gigit-gigit terusss,” kata para keponakan yang mampir ke rumah. Tapi kalau sudah tidur, tingkahnya sangat membuat kangen.. seperti di foto ini, persis banget malaikat…ya?

Si jago ini ibarat kado dari surga. Mungkinkah dikirimkan my luvely Ammar dari sana? Thanks  Ammar sayang…

Advertisements

1 Comment

Filed under anak kucing, daily, happiness, iPhone, jurnal, kucing, lucu, manusia, Uncategorized

manusia

Wajah mana yang kau pakai hari ini?

Yang marah, sendu, romantis, baik atau jahat?

Terpenting, manusia seperti perahu yang mengarungi lautan

bertahan menghadapi gelombang sebesar apapun

atau mati

tenggelam dan hancur di lautan dalam

atau tetap hidup dengan kayu apung, dengan muka kering, wajah penuh luka terbakar matahari dan tersiram air asin lalu menepi di pantai

meneguk air kelapa

dan melanjutkan hidup bersama penghuni pulau terasing

manusia bukan kayu yang keras dan patah saat gelombang menghantamnya.

Manusia selayaknya air yang bisa mengalir ke manapun dia ditempatkan…

seperti air yang menyejukkan

penghilang dahaga

mendinginkan panas

manusia….

Topeng mana yang kau pilih???

7 Comments

Filed under jurnal, kucing, lucu, matahari, Uncategorized

Paku

Paku.. ini kisah lama, tapisepertinya tak ada akhirnya. Sekarang ini malah jalan-jalan di kompleks perumahan sudah menjadi sasaran para penebar paku. Bahkan mereka berani menebar paku persis di depan gerbang rumah, seperti yang terjadi pagi ini di depan rumah saya.

Kok kesannya kasus paku ini tak beda jauh dari kasus markus yang sekarang lagi seru di media ya. AKarnya entah di mana, sudah kronis dan sepertinya sulit banget diberantas. Ini saya repost lagi kisah paku yang pernah saya tulis setahun lalu

Sudah beberapa minggu ini saya sebel sama benda yang satu ini. Minggu kemarin ban tubles gerobak saya kempes gara-gara paku. Padahal saya sudah habis-habisan menghindari paku-paku yang tersebar di jalan raya itu. Udah menggak menggok..eh ternyata kena juga.

Gak habis pikir, kok bisa-bisanya paku-paku itu menyebar di jalanan. Gak cuma di jalan raya biasa, saya pernah ketemu paku itu di jalan tol JORR. Gile benerr.. Pernah sih lihat tayangan televisi yang membahas soal paku-paku ini. Saat itu digambarkan bagaimana orang iseng itu menyebarkan paku-paku itu dini hari. Konon, modus operandi itu sudah diketahu petugas, sehingga petugas biasanya operasi pagi hari dan berhasil men’jaring’ paku itu di satu jalan ‘saja’ sampai ada dua kilogram. Bayangkan berapa gerobak dan motor yang bisa jadi korban tuh dengan duakilogram paku itu. 😦

Setelah diinvestigasi, saya pikir si orang iseng yang gak ada kerja dan nyebarin paku-paku di jalan itu sudah insyaf. Eehhh sekarang sepertinya merajalela lagi deh. Duhh..

Saya sering banget jadi korbannya. Untungnya, saat itu masih ada yang nolongin. Padahal pas kejadian lagi ngebut di Tol. Untungnya lagi, gerobaknya masih bisa dikendalikan. Untungnya lagi, gerobak dibelakang gak lagi ngebut. Halahh…

Si penyebar paku yang tidak bertanggungjawab itu pernah gak ya berpikir, bagaimana kalau saudara perempuan atau ibu atau anak perempuan mereka yang jadi korban? Kendaraannya mogok -gara-gara ban kempes itu – di tengah jalan yang nanjak, malam hari, gak ada orang, terus di sekitarnya ada preman yang lagi cari korban. Pikiran liar saya juga pernah merancang, bagaimana tuh kalau gara-gara ban kempes, kendaraannya terus slip, terusssssssss… (gak berani nerusin dehh)..

Kesel..beneran kesel… semoga orang-orang iseng itu insyaf deh. Cari rejeki dengan cara ‘kotor’ seperti itu pasti gak akan panjang…

32 Comments

Filed under Blogroll, jurnal, lucu, Uncategorized

Harram..

Pencarian–entah apa yang dicari–maka sampailah saya di tanah suci MEdinah-Mekah. Berbaur dengan sekian ribu orang dari berbagai negara, tetap saja ada yang kosong.

Sampai di suatu pagi, menjelang subuh, saya terpaku melihat suatu gerakan dari balik tumpukan kayu-kayu di pinggiran jalan menuju Mesjid Nabawi di Medinah. Ada Kucing!

Iya seekor kucing ! Warnanya kombinasi hitam, kuning dan putih. EKornya panjang. Matanya cemerlang, hdiungnya gelap. Otomatis mulut saya memanggilnya. Ajaibnya si kucing itu menghampiri saya.

Istimewanya, saat saya jepret dia sempat terhenyak, dan hasilnya sungguh indah. SI kucing mejeng dengan latar belakang menara Mesjid Nabawi.

Dalam perjalanan selanjutnya, entah kenapa kucing-kucing serupa selalu ada di sekitar saya. Ntah itu saat solat di halaman MEsjid Harram di Mekah, bahkan ketika saya ada di depan Kabah..

Di Harram, misalnya  usai menjalankan tawaf sunat, Continue reading

46 Comments

Filed under Uncategorized

Setelah Lebaran

Setelah bersimpuh ketika hari kemenangan itu tiba, betulkah kita benar-benar telah menang? Menang menjadi manusia baru dengan hati seputih kapas? Sementara hati ini masih dipenuhi segala ‘aturan’ dan ‘keharusan’ yang belum tentu membuat orang lain juga sepakat.

Benarkah segala aturan yang tertulis itu bisa berlaku untuk semua orang. Betulkah yang digaungkan mereka yang selalu berdiri dan memberikan wejangan di rumah suci itu selalu bisa diaplikasikan dalam setiap perkara?

Mengapa kita selalu terpaku pada satu hal, mengapa kita tak peka terhadap apa yang ada di depan kita, mengapa kita tidak marfhum pada yang terjadi saat itu, mengapa kita lah yang selalu harus benar..

Apa sebetulnya makna lebaran ini? Hari penutup ketika kita telah usai berpuasa selama Ramadan?Ketika kita mendapat atau membagikan angpau pada sanak saudara?hari kita membayarkan zakat yang menjadi kewajiban? Hari saat kita meminta maaf pada kerabat? Hanya itukah?

Saya juga tidak tahu..Maafkan saja segala salah dan khilaf saya ya…tak ada yang sempurna di dunia ini. Semoga kita selalu lebih baik dari hari ke hari.. Wassalam…

———–>Apakah lebaran ini, si Ammar Jr bersama keluarganya juga makan ayam opor ya di atas sana…

35 Comments

Filed under Uncategorized

Yang Kuinginkan……

Ceritanya begini, suatu malam, menjelang tengah malam, sepulang kerja dari pabrik, tiba-tiba merasa ada yang kurang, apa ya? Waktu yang cepat berlalu gara-gara banyak urusan kerja? Mungkin itu. Karena gara-gara waktu yang sedikit itu, sepertinya tak ada lagi saat untuk merenung soal apapun. Saya juga tak sadar, bahwa ada yang tiba-tiba hilang dari perhatian, dari jangkauan saya.

Ah semua memang sibuk ya saat-saat ini, begitu saya pikir malam itu. Kadang saat kita punya mainan lain yang lebih mengasyikkan maka terlupkanlah apa yang kita butuhkan. Sadarnya saat malam-malam begini, saat semua kesibukan mereda..  sudahlah, buat apa dipikirkan toh yang hilang juga belum tentu memikirkan saya.. langsung deh saya pencet tombol radio…

Lama kupikirkan, Semua ini akan berakhir. Dan kusadari kini cinta yang tak bisa kutahan lagi. Akan kucoba lagi untuk terus akan kujalani. Walau percuma cintaku tak bisa terbalas lagi

Yang kuinginkan hanya perhatianmu. Yang kuinginkan hanya dapat memandangmu. Yang kubayangkan kini bisa selalu di dekatmu. Yang kubayangkan kini bisa selalu bersama Continue reading

21 Comments

Filed under Blogroll, jurnal, kucing, lucu, Uncategorized

Phil yang Membius…

Tampangnya yang khas, kepalanya yang seksi, hidung dan dagunya yang lancip, dan (ini nih yang gak nahan) sorot matanya yang teduh.. (duhh).. Phil Chollins ladies and gentleman.. Wahh ini memang favorit saya sedari dulu.

dancecatApa yang yang memicu saya berdebar-debar lagi soal sosok yang romantis ini? Karena, minggu sore kemarin, saya menemukan kaset yang sudah lama menghilang tak tentu rimbanya di salah satu kotak di gudang. LoveSongs, a compilation old and new.. dari Phil Collins tentunya. lengkap dengan cap bibirnya.. wow!
Langsung deh saya pasang kasetnya, dan mengalirlah suara-suara asyiknya di kamar saya. Weehh serasa menjadi perempuan paling nomor satu di muka bumi ini..hehehe…
Gak percaya? Coba deh simak nih lirik salah satu lagunya…

Come stop your crying
It will be all right
Just take my hand
Hold it tight

I will protect you
from all around you
I will be here

Don’t you cry….

Ayoo tau gak judulnya apa??

Teruss.. Continue reading

46 Comments

Filed under jurnal, kucing, lucu, Uncategorized